Senin, 06 Februari 2012

Perjalanan Karir Imelda




 

Imelda adalah penyanyi dangdut kelahiran kota dingin Malang, Jawa Timur Indonesia. Pedangdut yang memiliki nama lengkap Prita Avrilia Himelda ini, mulai dikenal setelah mengikuti ajang pencarian bakat yaitu KDI (Kontes Dangdut Indonesia) yang diadakan oleh televisi swasta nasional TPI, (sekarang berubah menjadi MNCtv) pada tahun 2005.

AWAL KARIR

 

Baby Imelda on 1986

Imelda on 1986

Perjalanan karir Imelda, berawal saat Imelda berumur 2 tahun, ketika mama dan papa nya melihat bakat sang anak. Imelda kecil yang masih berumur 2 tahun bisa menyanyikan puluhan lagu anak anak, tanpa ada kesalahan dan nada yang sumbang. Ditambah Imelda yang terus berlenggak lenggok di depan cermin, sambil terus menyanyi, bergaya, dan berpose tanpa malu malu. Ketelatenan mama dan papa nyalah yang mengantar Imelda menjadi seperti sekarang.

Diusia 4 tahun, Imelda mulai mengikuti lomba karaoke, mulai dari tingkat RT, RW, tingkat desa, kecamatan, kabupaten/kotamadya. Sayang, karena waktu itu kamera sangat langka, keluarga Imelda tidak bisa mendokumentasikannya secara pribadi.


5 years old Imelda, August 1991

Menginjak umur 5 tahun, Imelda terus mengikuti berbagai acara di desanya, kali ini dalam rangka perpisahan mahasiswa UMM (Universitas Muhamadiyah Malang) yang sedang melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di desa Imelda. Sambil menunggu giliran tampil, Imelda di foto sama kakak2 mahasiswa :)


6 years old Imelda, June 1992


Menunggu adalah pekerjaan paling menyebalkan, termasuk untuk anak usia 6 tahun :D karena mendapat nomor urut 81, Imelda sampe ngambek karena tidak juga naik panggung. Untungnya tantenya pinter merayu, dan akhirnya Imelda mau naik ke atas panggung dan menyanyikan lagu "Mabuk Lagi" yang lagi Hits saat itu, dipopulerkan oleh Cucu cahyati. Penonton sangat antusias, kagum juga geli, karena Imelda yang masih kecil bisa membawakan lagu dangdut dengan apik, ditambah dengan gayanya yang centil tapi cadel karena gigi depannya yang lagi tanggal dan ga tumbuh tumbuh :D


Imelda on 1993

Ini bukan pertama kalinya Imelda mendapat piala dan menjadi juara lomba karaoke :D panitia penyelenggaranya baik, jadi Imelda dikasih foto ini, senang bukan kepalang ^^


Imelda on 1993

Walupun masi kecil, udah sok sexy aja heheheh... ^^ kali ini Imelda pake baju Si manis jembatan Ancol yang lagi in saat itu, ga ketinggalan stockingnya ^^


7 years old Imelda, 1993

Lomba karaoke lagi, dadakan pula, alhasil baju pinjem tetangga, sepatu pinjem sepupu. Papa sangat bersemangat menjadikan putrinya penyanyi dangdut terkenal :)


7 years old Imelda, 1993



Selain mengikuti lomba karaoke, Imelda juga sering di undang untuk mengisi acara hajatan saudara, tetangga, dan teman teman mama papa :)


Imelda on 1993

Dapat undangan Ulang tahun, Imelda selalu diwajibkan menyanyi. Agak kurang pede kalo disuruh nyanyi di tengah kakak kakak cowok jadi salting ^^


Imelda on 1994

Lomba karaoke kali ini sangat special, karena ada salah satu penonton yang sangat kagum dan terharu melihat Imelda. Bapak itu memberikan hadiah 10 lusin buku tulis, juga peralatan sekolah mahal yang belum pernah dimiliki Imelda, makasih Pak :)


Imelda on 1995

Menginjak umur 9 tahun Imelda terus menjelajah dari desa satu ke desa lainnya, dari kecamatan satu ke kecamatan lainnya mengumpulkan prestasi :) Dan kemudian Imelda mulai bergabung dengan Orkes Melayu.


Imelda on 1996

Imelda mulai menjadi penyanyi profesional dan dibayar saat umur 9 tahun. Honor pertama yang diterima Imelda adalah 2500 rupiah :) kemudian naik 5ribu rupiah, naik 10ribu rupiah, 15ribu rupiah, 20ribu rupiah, 25ribu rupiah, dan seterusnya sampai sekarang, alhamdulillah semoga perjuangan panjang ini tidak sia sia, amin..!!!


Imelda menjadi penyanyi dangdut dari panggung ke panggung, menjelajah ke berbagai pelosok daerah di Jawa timur, Jawa tengah, Bali, bahkan Kalimantan diusia belia. Tapi karena Imelda dan orang tua, menomorsatukan pendidikan, maka Imelda harus menahan keinginan untuk hijrah ke Ibu kota.

Sambil terus melanjutkan pendidikan dan juga menjadi penyanyi panggung, pada tahun 2002 Imelda mendapatkan tawaran rekaman untuk pertama kali. Kebahagiaan yang tak terkira, walaupun dalam bentuk kompilasi, album pertama ini adalah penyemangat Imelda untuk meraih prestasi yang lebih tinggi. Kemudian pada tahun 2003, kembali Imelda mendapatkan tawaran rekaman, dan Imelda masih harus puas menjadi bagian dari album kompilasi yang diproduksi oleh label dan produser daerah sendiri yaitu Malang.

Keajaiban Tuhan, di tahun yang sama Imelda mendapatkan tawaran on air di dua TV swasta nasional Indonesia. Imelda menjadi bintang tamu di acara "Laris Manis di SCTV" dan "Dangdut Yo di TPI (sekarang MNCtv)". Trimakasi yang tak terhingga kepada almarhum Om Agus Nurofiq, Om tercinta yang selalu membantu Imelda ketika Imelda masih benar benar buta Ibu kota.

Dan lagi lagi karena terbentur sekolah, Imelda dengan berat hati kembali ke Malang untuk melanjutkan pendidikan.





Sexy, cool, dan energik, itulah yang bisa digambarkan dari seorang Imelda.
Buatnya keprofesionalan saat bekerja, adalah segalanya.





Walaupun kadang terkesan pendiam dan berwajah angkuh, sebenarnya imelda adalah sosok yang manis :) Mungkin dia hanya sedikit kesulitan untuk mengekspresikan antara hati dan wajahnya :D

1 komentar: